^ Back to Top
4
Feb

8 Tips to Secure Your Android

Android SecuritySistem operasi Android yang banyak digunakan di tablet PC maupun smartphone memang tengah naik daun. Namun seiring dengan makin populernya Android, begitu pula ancaman yang menyertainya. Bahkan, beberapa waktu lalu dilaporkan bahwa ancaman malware terhadap Android meningkat cukup tajam di tahun 2011.

Sistem Android yang terlalu terbuka, dimana setiap orang bisa mengembangkan segala aplikasi dan menempatkannya di Android Market dengan mudah, disebut-sebut sebagai penyebab maraknya malware ini. Jadi aplikasi bisa muncul di Android Market tanpa melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Hal inilah yang beresiko pada penyusupan malware.

Ibarat PC dengan sistem operasi Windows-nya, gadget dengan platform Android memang sangat banyak menghadapi ancaman berupa virus atau malware beserta variannya. Oleh karena itu, kehati-hatian serta perilaku kamu dalam berinternet mesti diperhatikan. Kamu mesti memperhatikan beberapa hal yang sepertinya sepele namun bisa menghalau datangnya ancaman serta hal lain yang bisa mengganggu. Meski tidak 100% bisa mencegah masuknya malware atau hilangnya data penting, tapi paling tidak peluang untuk itu bisa diminimalisir.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu jadikan patokan agar Android kamu tetap aman dan dapat bekerja secara optimal.

1. Aktifkan Lock Screen

Android Lock

Sebagai benteng pertahanan pertama, kamu bisa mengaktifkan lock screen. Pastikan kamu mengunci tampilan smartphone agar orang tidak sembarangan mengintip “isi” di dalamnya. Aktifkan pula mode “screen timeout” yang terproteksi password.

2. Lakukan Update Secara Rutin

Update Android

Lakukan update secara rutin pada sistem maupun aplikasi keamanan yang ada. Beberapa perbaikan patch dapat mengurangi resiko akan ancaman kemanan dan juga membuat sistem lebih optimal.

3. Jangan Simpan Data Penting

Data Penting

Jangan menyimpan data penting seperti informasi account bank, password atau nomor kartu kredit. Bayangkan jika data tersebut dicuri oleh Hacker pada saat kamu berinternet. Jika terpaksa, pastikan data tersebut telah diproteksi dengan baik. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan aplikasi proteksi atau enkripsi data.

4. Teliti Aplikasi yang Akan di Download

Review Apps

Jumlah aplikasi untuk Android bisa mencapai ratusan ribu. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, bisa saja diantaranya ditunggangi malware, virus atau trojan. Jika tertarik megunduh suatu aplikasi, pastikan kamu melihat review dari pengguna lain serta selidik pihak pengembang yang membuatnya untuk memastikan aplikasi tersebut aman.

5. Install Aplikasi Keamanan

best-android-security-apps

Melindungi Android kamu dengan aplikasi keamanan menjadi hal pokok lainnya. Android merupakan aplikasi yang mengalami perkembangan cukup pesat. Begitu pula dengan ancaman yang menyertainya. Oleh karena itu, gunakan aplikasi keamanan seperti Anti Virus agar sistem lebih aman dan kebal dari hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Usahakan Tidak Melalukan Root

Rooting Android

Meski cukup menggoda karena kamu bisa mendapatkan akses penuh setelah melakukannya, melakukan root pada Android beresiko pada masuknya aplikasi mallware seperti virus atau trojan dengan lebih mudah. Meski tanpa di root ancaman tersebut tetap ada, namun dengan melakukan root maka kemanan sistem kami menjadi lebih rentan akan hal-hal tersebut.

7. Gunakan Aplikasi Anti Maling

Anti Theft

Aplikasi semacam ini bisa menjadi solusi saat Android kamu hilang atau dicuri. Biasanya ia bekerja dengan langsung mengunci system dari jarak jauh agar tidak bisa digunakan. Jika beruntung kamu, kamu bisa melacak kembali ke beradaaan Android yang hilang itu. Atau paling tidak, data kamu yang berada didalamnya tidak bisa dilihat atau disalahguanakan oleh orang lain.

8. Jangan Abaikan Backup 

Android-backup

Meski cara² di atas sudah kamu lakukan, jangan abaikan untuk melakukan backup. Apalagi bila data tersebut penting dan berharga bagi kamu. Backup dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan data disaat-saat yang tidak terduga. Kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa didapat melalui Android Market. So, ingat pepatah, sedia payung sebelum hujan. Backup data sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Nah segitu dulu tips buat smartphone android, semoga berguna ;)

Tweet
Copyfvck ©2010-2018 SamsulBahri.ID. All bitches reserved. Created by ThemeForest | Cracked & Tweaked by Blackshell.
ThumbSniper-Plugin by Thomas Schulte